Gangguan Pendengaran

Gangguan pendengaran adalah salah satu gangguan kesehatan yang umumnya disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari medis dan non medis. Pendengaran bisa dikatakan terganggu jika sinyal suara gagal mencapai otak. Jika dibedakan dari bagian telinga yang terganggu, ada dua jenis gangguan pendengaran, yaitu:

  • Gangguan pendengaran (tuli) sensorineural. Kondisi ini disebabkan oleh kerusakan sel rambut sensitif yang ada di telinga bagian dalam atau rusaknya saraf pendengaran. Beberapa pemicu gangguan pendengaran sensorineural adalah faktor keturunan, cedera kepala, serangan stroke, penuaan, obat-obatan, mendengar suara keras.
  • Gangguan pendengaran konduktifterjadi saat gelombang suara tidak bisa masuk ke telinga bagian dalam. Beberapa penyebab gangguan pendengaran konduktif adalah gendang telinga pecah atau berlubang, pembengkakan dinding atau disfungsi pada saluran atau tuba eustachius (saluran yang menghubungkan rongga telinga dengan rongga hidung), kotoran telinga atau tumor jinak yang menyumbat, infeksi, dan masuknya benda asing ke dalam telinga.

Tes Pendengaran

adalah prosedur pemeriksaan untuk mengetahui kemampuan mendengar seseorang. Pemeriksaan dilakukan dengan mengukur seberapa baik suara terhantar ke otak. Suara yang didengar berasal dari getaran pada udara di sekeliling kita, yang kemudian membentuk gelombang suara yang merambat dalam frekuensi tertentu.

Tes OAE Pada Bayi

OAE (Otoacustic Emission)

adalah skrining pendengaran untuk menilai sela rambut yang terdapat di rumah siput (koklea). Tes yang menggunakan alat berbentuk headset ini dapat mengukur getaran suara dalam liang telinga.

Tes ASSR/BERA Pada Bayi

ASSR/BERA

adalah  salah satu metode pemeriksaan terbaru yang dapat digunakan oleh para audiologis untuk menentukan prediksi ambang pendengaran pada anak-anak. Biasanya dilakukan saat kondisi anak sedang tidur kemudian dipasang kabel elektroda dikepala untuk menangkap sinyal respon dari otak.

HearingTestMan

Audiometry

adalah pemeriksaan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat/ambang batas pendengaran seseorang dan jenis gangguannya bila ada. Pemeriksaan dilakukan dengan memakai alat headphone nada murni di dalam ruang kedap suara.